Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi. Sebuah pulau dengan dengan eksotisme alam yang sangat menakjubkan. Terletak atau berlokasi 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia merupakan pulau tak berpenghuni dikawasan utara Banyuwangi dan berada ditengah-tengah selat Bali.

Secara geografis, Pulau Tabuhan Banyuwangi berlokasi pada 2 kilometer dari tepi pantai terdekat Banyuwangi. Jika ditelusuri jarak dari pusat kota Banyuwangi ke tepi pantai penyeberangan tersebut sekitar 15 km, bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan darat dari Kota Banyuwangi menuju arah utara jurusan kabupaten Situbondo.

Pulau Tabuhan Banyuwangi ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan menawarkan keindahan alam yang tiada duanya dengan ciri khas pasir putih dan air bening disepanjang pantainya. Disebut pulau Tabuhan dikarenakan angin yang bertiup disini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik.


Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pesona Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi sekarang telah dilirik oleh peselancar-peselancar layang atau yang lebih dikenal dengan kite boarding serta windsurfing atau selancar angin. Memang tidak menutup kemungkinan dijadikan tempat selancar layang, karena anginnya yang kencang, minimnya batu karang serta ombak tidak begitu besar.

Pemerintah kabupaten Banyuwangi pernah mempromosikan pantai tabuhan Banyuwangi dengan menggelar event Banyuwangi Summer Kitesurf Camp pada tahun 2014 selama 2 hari. Event tersebut diikuti oleh peselancar baik amatir maupun pro dengan jumlah peserta 36 kitesurfer dari berbagai negara.

Selain untuk layang-layang selancar, para wisatawan disini juga bisa melakukan snorkeling dan diving, karena dikawasan pulau Tabuhan memiliki terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni. Bagi yang suka melakukan aktivitas bird wacthing kita juga akan menemukan burung maleo dengan ciri khas, badannya hitam, kuti di sekitar warnanya kuning dan kaki abu-abu.

Selain burung maleo, ada pula burung enggang gading yang dilindungi oleh pemerintah dan cagar alam Indonesia. Burung tersebut bercirikan pada bagian perut, kaki dan ekor berwarna putih. Dari segi kekayaan flora-nya pulau ini memiliki tanaman setigi yang dilindungi dikarenakan banyak diburu penggemar bonsai.

Ada satu lagi keunikan, Pulau Tabuhan juga memiliki sunrise dan sunset yang indah. Jadi bagi anda yang menginap dipulau ini bisa membawa tenda untuk tempat berlindung.

Rute dan Akses menuju pulau Tabuhan Banyuwangi

Untuk bisa mencapai pulau bercirikan gradasi air laut nan indah ini, anda harus menggunakan boat atau perahu nelayan yang dapat diakses dari Pantai Bangsring Banyuwangi. Namun sebelumnya akan kami informasikan tentang rute menuju Pulau Tabuhan seperti dibawah ini.

Rute menuju pulau Tabuhan Banyuwangi dari Surabaya

Jika menggunakan kereta api, kita bisa naik kereta api dari stasiun Gubeng dan turun di tujuan Stasiun Banyuwangi Baru di Ketapang. Sesampainya disitu, silakan menggunakan jasa ojek / sewa mobil ke arah utara dengan tujuan ke Desa Bangsring untuk menyewa kapal nelayan guna menyeberang ke Pulau Tabuhan. Estimasi lama penyeberangan sekitar 30 menit.

Jika memakai jasa bus, silakan naik bus jurusan ke Banyuwangi dan turun di terminal Brawijaya Karangente Banyuwangi. kemudian dari sana silakan menyewa jasa mobil untuk mengantar ke desa Bangsring dengan durasi perjalanan sekitar 15-30 menit. Lalu sampai di Bangsring tinggal Anda sewa kapal nelayan untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan.

Rute menuju pulau Tabuhan Banyuwangi dari Denpasar

Jika anda dari terminal Mengwi Denpasar, Anda langsung naik bus jurusan Banyuwangi dan turun di Pelabuhan Ketapang. Sesampainya disana, silakan menggunakan jasa ojek / sewa mobil untuk menuju Desa Bangsring kemudian menyewa kapal nelayan guna menyeberang ke Pulau Tabuhan.

Demikian postingan tentang Pulau Tabuhan Banyuwangi semoga bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata banyuwangi silakan menghubungi kontak yang telah tersedia.

Pulau Tabuhan Banyuwangi