Banyuwangi Tour de Ijen 2016

Banyuwangi Tour de Ijen

Banyuwangi Tour de Ijen atau sekarang dikenal sebagai International Tour de Banyuwangi Ijen (ItdBI) merupakan kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Banyuwangi dengan skala internasional serta diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh dunia.

Kejuaraan balap sepeda yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 ini merupakan balapan jalan raya jarak jauh dan sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI). Biasanya diadakan sekitar bulan November hingga Desember serta berlangsung selama 4 hari.

Tour de Ijen adalah kejuaraan balap sepeda yang sudah masuk kategori 2.2. Event balap sepeda Banyuwangi Tour De Ijen sendiri sudah diselenggarakan selama empat tahun berturut turut, pada tahun 2016 merupakan pelaksaan kelima.

Memang hanya kejuaraan balap sepeda tertentu saja yang bisa masuk dalam kalender UCI. Maka masyarakat Banyuwangi patut berbangga karena International Tour De Banyuwangi Ijen merupakan satu-satunya kejuaraan balap sepeda yang masuk dalam agenda UCI.

UCI sendiri memiliki evaluasi setiap tahunnya dari setiap event balap sepeda yang diselenggarakan masing-masing daerah. Disamping Event tersebut juga memiliki poin internasional dan pertimbangan dari tim evaluasi. Tour de Ijen sendiri telah mendapatkan peringkat excellent, itu berarti Tour de Ijen adalah kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia.

Event Banyuwangi Tour de Ijen 2016

International Tour de Banyuwangi Ijen terdiri atas empat etape dengan panjang rute sekitar 600 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan melintasi berbagai destinasi wisata, baik itu wisata pantai, perkebunan, city tour, hingga kaki Gunung Ijen.

Sesuai dengan namanya, Ijen merupakan gunung yang memiliki kawah indah dan fenomena api biru (blue fire) pada malam hari menjadi bagian dari jalur lintasan. Selain itu Pulau Merah juga menjadi bagian dari lintasan balapan.


International Tour De Banyuwangi Ijen mempunyai spot jalur yang menantang salah satunya adalah menuju ke Paltuding arah Gunung Ijen. Tanjakan Gunung Ijen merupakan tanjakan terekstrem karena berada di ketinggian 1.871 meter diatas permukaan laut dengan kemiringan 45 derajat, mengungguli tanjakan balap di luar negeri seperti di Malaysia yang hanya dikisaran 1.500 mdpl.

Konsep dari International Tour De Banyuwangi Ijen adalah sport tourism, dengan melintasi sejumlah destinasi wisata yang menarik. Dalam hal tersebut bisa menambah popularitas destinasi itu. Di jalur-jalur yang dilintasi juga akan disajikan beragam seni-budaya Banyuwangi.

Di garis start dan finish, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan memamerkan serta menjual produknya. Rencananya ITdBI 2016 akan lebih memperkuat paduan antara aspek olahraga, gaya hidup berbasis budaya lokal, penguatan ekonomi masyarakat, juga pariwisata. Hal tersebut seperti dikemukakan oleh Wawan sebagai pihak penyelenggara.

Pihak penyelenggara pun yakin bahwa sebagai ajang sport tourism, kejuaraan balap sepeda ini bisa meningkatkan pemahaman publik nasional dan internasional tentang kekayaan wisata alam dan budaya Banyuwangi. Apalagi, Pemkab Banyuwangi juga mendukung bersama Kementerian Pariwisata untuk menyukseskan ajang tersebut.

Jadwal Banyuwangi Tour de Ijen 2016

Event balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ItdBI) kembali digelar tahun ini pada 11-14 Mei 2016 mendatang. Kejuaraan ini diharapkan bisa semakin mendongkrak sport tourism di Banyuwangi.

Demikian informasi Banyuwangi Tour de Ijen 2016 semoga bermanfaat bagi anda. Untuk informasi harga dan pemesanan paket wisata banyuwangi silakan menghubungi kontak kami.

Banyuwangi Tour de Ijen