Pantai Cemara Banyuwangi

Pantai Cemara Banyuwangi

Pantai Cemara Banyuwangi atau dulunya bernama Pantai Rejo ini adalah pantai yang terletak atau berlokasi didusun Rowo desa Pakis Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Pantai yang mempunyai pasir hitam hampir sama dengan Pantai Boom dan pantai lain dipesisir timur Banyuwangi tersebut sempat mencuat pada tahun 2015 dengan daya tarik berupa hutan cemara sebagai ciri khasnya.

Sebelumnya tempat wisata tersebut dipakai sebagai tempat nelayan tradisional dari daerah sekitar untuk berdagang atau jual beli ikan yang dilakukan langsung dari nelayan kemudian dijual ke pasar-pasar. Aktifitas tersebut membuat pantai itu tak pernah sepi dari pengunjung yang hanya sekedar menikmati pantai atau membeli ikan.

Keunikan Pantai Cemara Banyuwangi

Sesuai dengan nama tempatnya yaitu Pantai Cemara, tempat wisata pantai pesisir timur Banyuwangi tersebut merupakan sebuah hutan cemara buatan. Pohon cemara dipantai memang sengaja dibudidayakan dengan ditata sedemikian rapi disamping untuk mempertahankan ekosistem pantai juga ditujukan sebagai tempat wisata bagi masyarakat Banyuwangi pada umumnya.

Terkadang tempat tersebut juga dipakai oleh sebagian komunitas forografi yang membutuhkan tempat atau latar belakang unik. Tak jarang juga ditempat ini juga dijadikan tempat sesi foto prewedding karena tempat itu memiliki pemandangan romantis.

Tempat wisata ini juga merupakan ekosistem dan penangkaran penyu seperti halnya pantai Sukamade juga pantai Rajegwesi Banyuwangi. Penangkaran itu sendiri berguna untuk melindungi telur penyu dari serangan binatang pemangsa ataupun manusia jahil.

Setiap musim bertelur tiba, disana akan anda dapati beberapa penyu yang bertelur. Dan atraksi ini tentunya akan dapat kita saksikan secara gratis. Asyik, bukan? ^_^ . Demikian juga pada saat tukik tiba, anda akan bisa melihatnya seperti halnya ketika anda berkunjung ke tempat wisata pantai Sukamade atau Rajegwesi.

Salah satu keunikan yang menarik pengunjung di tempat wisata ini adalah dengan adanya lorong hutan cemara. Lorong Cemara merupakan deretan pohon cemara yang ditanam sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah lorong seperti gua. Tentu saja tempat tersebut sangat asyik dipakai untuk jalan-jalan karena disamping teduh juga sejuk oleh terpaan angin laut, anda bisa melakukan aktifitas sembari bersantai dibawah pohon cemara serta menikmati makanan dan minuman, karena disana juga terdapat kios-kios atau warung.

Jika anda beruntung atau cuaca sedang cerah, apabila berwisata ketempat ini pada pagi hari, kita bisa menyaksikan sunrise, dimana Banyuwangi dikenal dengan julukan sebagai Sunrise of Jawa atau Sunrise pertama di pulau Jawa.

Rute menuju Pantai Cemara Banyuwangi

Untuk jalan menuju Pantai Cemara Banyuwangi bisa ditempuh dengan lama waktu perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota. Lebih detailnya silakan simak petunjuk dibawah ini.
  • Dari Banyuwangi ambil arah menuju hotel Santika.
  • Disebelah hotel Santika terdapat sebuah gang ke timur, ikuti jalan tersebut sampai pada daerah persawahan kemudian ambil arah kekanan
  • Sesampainya dipertigaan terdapat papan petunjuk jalan menuju pantai Cemara. Dari sini kita tinggal mengikuti jalan tersebut melewati sawah dan kolam ikan warga setempat.
  • Setelah diujung jalan, kita akan menemukan loket tempat wisata tersebut.
Untuk masuk ke tempat wisata kita dikenakan biaya retribusi sebesar IDR 2.000. Sebelum memasuki lokasi parkiran kita akan menyeberangi sebuah sungai kecil yang ditumbuhi beberapa jenis tanaman mangrove. Setelah menyeberangi pantai, barulah kita sampai.

Demikian informasi Pantai Cemara Banyuwangi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pariwisata Banyuwangi. Untuk informasi harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi silakan menghubungi kontak kami.

Pantai Cemara Banyuwangi