Teluk Biru Muncar Banyuwangi | Banyuwangi Tour Agent

Teluk Biru Muncar Banyuwangi

Teluk Biru Muncar Banyuwangi. Jika anda pernah mendengar teluk Biru atau Blue Bay Banyuwangi, tidak salah lagi, destinasi wisata pantai Banyuwangi berikut merupakan tempat paling dicari-cari para traveller akhir-akhir ini. Teluk yang bernama asli "Selanggrong" ini sempat mencuat namanya ketika event Banyuwangi Underwater digelar beberapa bulan lalu.

Teluk Biru atau dengan nama lain Blue Bay Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata yang digadang-gadang dapat mempopulerkan wisata Banyuwangi dimata nasional maupun Internasional. Memang tempat tersebut belum cukup populer dikalangan traveller, namun pemerintah setempat berusaha untuk mempromosikannya dalam berbagai event jika Banyuwangi "nduwe gawe" atau mempunyai perhelatan akbar.
Memang namanya tidak setenar Green Bay dimana terlebih dahulu terkenal dikalangan wisatawan, namun karena keindahannya yang tidak kalah keren dengan destinasi wisata lain di Banyuwangi tidak menutup kemungkinan jika tempat tersebut akan menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin mengeksplore destinasi wisata Banyuwangi. Bedanya jika Green Bay terkenal dengan airnya berwarna hijau, maka Blue Bay Banyuwangi lebih mengarah ke keindahan biota laut dengan air sangat jernih berwarna biru toska akibat warna dasar airnya sehingga cocok untuk snorkeling & diving.

Eloknya Teluk Biru Muncar Banyuwangi

Berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo yang katanya terkenal "angker" menjadikan tempat berikut jauh dari jangkauan penduduk apalagi para wisatawan. Berlokasi di kecamatan Muncar Banyuwangi, juga berada pada semenanjung Sembulungan dimana mempunyai air relatif tenang, tempat wisata ini sangat cocok untuk kegiatan diving, ski air, swimming, serta kanoing.

Kawasan semenanjung Sembulungan merupakan Fishground Area yaitu kawasan tangkap ikan bagi para nelayan Muncar Banyuwangi. Tempat ini juga dikenal sebagai wilayah kantong ikan, karena ikan-ikan yang datang kesini tidak akan pergi lagi karena warna air biru menenangkan. Itulah sebabnya destinasi wisata ini dinamakan Teluk Biru atau Blue Bay Banyuwangi.

Dulunya para nelayan menangkap ikan dengan cara ilegal antara lain dengan menggunakan bom atau potasium, namun seiring waktu & sosialisasi yang tepat pada penduduk setempat, kegiatan itu mulai jarang dilakukan. Untuk menjaga kelestarian tempat wisata tersebut masyarakat membentuk komunitas bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku).

Perkumpulan tersebut bertugas menjaga kelestarian alam sekitar dengan berbagai kegiatan, antara lain penanaman fish apartement (rumah bagi para ikan), transplantasi terumbu karang, serta penanaman pohon mangrove. Terdapat pula budidaya kerang mutiara dikelola oleh PT. DISTY.

Blue Bay Banyuwangi | Banyuwangi Tour Agent

Keindahan salah satu tempat snorkeling di Banyuwangi ini memang tidak dapat dipandang sebelah mata, panorama bawah lautnya memang sangat memanjakan mata anda ketika pertama kali bersnorkling ditempat ini. Sementara pantai berpasir putih menjadikan mata jernih & segar saat dipadu dengan warna air laut.

Tempat wisata ini dipisahkan oleh tanjung kecil dengan kawasan pantai Perpat. Dibagian tengah, terdapat sungai (sunglon) yang disampingnya terdapat tonjolan daratan disebut sebagai Legon. Pada zona Legon inilah perairannya relatif tenang dan dapat  digunakan untuk beristirahat diatas perahu tanpa takut terkena goncangan ombak.

Dibelakang terkadang kita akan menemukan binatang lutung (sebangsa monyet) bergelayutan dari pohon satu ke pohon lainnya. Tak jarang pula dari kejauhan nampak elang laut sedang terbang dan mencari makan untuk anak-anaknya. Hal tersebut bisa menjadi selingan menarik saat bersantai disepanjang pantai yang juga ditumbuhi oleh lamun (rumput laut).

Jika anda beruntung terkadang terdapat bintang laut yang merupakan binatang khas daerah ini sedang terdampar akibat terseret ombak, jadi sekalian anda bisa berselfie bareng hewan laut tersebut, hehehehe... ^_^. Disaat sore menjelang, jika cuaca sedang bagus kita pun bisa menikmati sunset dari tempat wisata ini

Rute ke Teluk Biru Muncar Banyuwangi

Rute menuju Blue Bay bisa anda mulai dari Surabaya kemudian ikuti saja jalur propinsi menuju Jember lalu terus ke arah Barat menuju Banyuwangi. Detail rutenya seperti ini : Surabaya - Sidoarjo - Pasuruan - Probolinggo (dari pertigaan Ketapang belok kanan arah menuju terminal Probolinggo) - Lumajang - Jember - Banyuwangi.

Sesampainya di Genteng Banyuwangi ambil arah menuju Pelabuhan Muncar. Sesampainya di pelabuhan silakan menanyakan informasi tentang cara untuk menyewa perahu menuju ke lokasi Blue Bay Banyuwangi.
Sekedar informasi, untuk dapat menikmati Blue Bay Banyuwangi mewajibkan anda untuk menaiki perahu menuju tempat ini dan tentunya booking perahu harus dilakukan terlebih dahulu jauh-jauh hari, karena memang keterbatasan akomodasi yang tersedia disana. Dan apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya pada pagi / siang hari. Hal tersebut dikarenakan pada sore hari ombak dipantai cukup besar, sehingga membuat para Nelayan tidak bisa mengantar ke lokasi.

Demikian informasi tentang Teluk Biru Muncar Banyuwangi, semoga bisa menjadi referensi anda berwisata ke Banyuwangi. Mengenai harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Teluk Biru Muncar Banyuwangi