Pantai Bangsring Banyuwangi, Wisata Snorkeling Tercantik di Timur Pulau Jawa

Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi merupakan sebuah pantai indah terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berada di jalur pantai Utara Jawa Timur dan berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, destinasi wisata di Banyuwangi ini menjadi semakin populer dengan adanya wisata snorkeling yang akhir-akhir ini mulai populer dikalangan pegiat wisata atau biasa disebut traveller.

Dengan adanya kegiatan snorkeling yang dilakukan didalam air laut, wisata Bangsring Banyuwangi juga dikenal dengan sebutan "Bunder" yang merupakan singkatan dari Bangsring Under Water. Pesonanya pun juga tak kalah hebat dengan tempat snorkeling dilain tempat, contohnya seperti Teluk Biru. Bahkan, beberapa traveller sempat menyamakan destinasi di Banyuwangi Utara ini dengan Raja Ampat di Papua.

Wisata Bangsring Banyuwangi juga merupakan salah satu akses menuju pulau Tabuhan & Pulau Menjangan di Bali Barat, selain dari Watu Dodol. Dari tempat ini kita bisa menyeberang menuju kedua pulau tersebut dengan menyewa perahu pada pos penyeberangan setempat.

Pesona Bawah Laut Pantai Bangsring Banyuwangi

Keindahan pesona bawah laut wisata Bangsring tak perlu diragukan lagi. Beberapa waktu lalu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyelenggarakan event Banyuwangi Under Water Festival dengan menaruh beberapa spot wisata air Banyuwangi. Wisata Bangsring ini juga menjadi salah satu destinasi yang dijadikan tempat diselenggarakannya festival tersebut.

Dengan keanekaragaman biota laut serta terumbu karang yang berada dikedalaman 3 - 5 meter dibawah permukaan air laut, kita bisa menikmati keindahan alami alam bawah laut nan sangat mempesona. Terumbu karang tumbuh begitu subur dikawasan ini, masuk dalam zona perlindungan bersama dengan luas sekitar 15 ha yang dikelola oleh masyarakat beserta pemerintah setempat.

Pendaran warna warni biota laut ketika diterpa sinar matahari memang begitu menawan, seakan membuat kita menjadi ingin berlama-lama didalam air. Binatang laut paling khas dan paling sering kita temui disini adalah hiu berukuran sedang. Namun jika anda bersnorkeling ria dan menemui hewan laut tersebut, jangan khawatir jika hiu tersebut akan menggigit karena telah diberi makan sebelumnya. Sedangkan hewan laut lainnya adalah bintang laut berwarna biru.

Ditengah-tengah area wisata Bangsring tersebut akan kita jumpai rumah apung, dimana disekitarnya akan kita jumpai keramba-keramba berisikan berbagai macam jenis ikan. Keramba tersebut digunakan sebagai pembelajaran bagi masyarakat tentang jenis ikan juga tentang isi perairan. Adapun termasuk didalamnya adalah : ikan hias, lobster, hiu, kerapu dan lain-lain.

Di wisata Bangsring Banyuwangi sendiri terdapat lebih dari 500 jenis ikan hias dengan 15 spesies yang tersebar dikawasan Selat Bali. Dan diantara ratusan jenis ikan tersebut terdapat ikan jenis Angel yang paling diminati seperti halnya di pulau Menjangan, Bali Barat. Namun yang paling diburu adalah ikan hias Betok disamping harganya murah serta sangat mudah ditemukan karena jumlahnya sangat melimpah.

Rute menuju Pantai Bangsring Banyuwangi

Mengenai rute untuk sampai ke Pantai Bangsring bisa kita tempuh dari Banyuwangi kota. Untuk lebih jelasnya yaitu : dari Stasiun Banyuwangi Baru naik angkutan menuju ke Terminal Sri Tanjung, dilanjut naik bus ke Bangsring. Kemudian dari tempat pemberhentian bis kita bisa jalan kaki sampai bibir pantai.

Jika anda berangkat dari tempat lainnya bisa ditelusuri dari google map berikut ini dengan menggunakan perangkat smartphone anda.


Demikianlah informasi tentang Pantai Bangsring Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi tempat snorkeling di Jawa Timur khususnya Banyuwangi. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi dan paket wisata Kawah Ijen silakan menghubungi kontak person kami.

Pantai Bangsring Banyuwangi